OBSERVASI GERHANA MATAHARI CINCIN 26 DESEMBER 2019

Tujuan dari Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda yaitu Memperkenalkan Astronomi kepada masyarakat umum, pendidik IPA (Fisika) dan Calon Pendidik guna menurunkan tingkat kepercayaan terhadap mitos yang beredar di masyarakat serta menguatkan pemahaman tentang kajian astronomi untuk menambah ketaqwaan kepada Allah melalui observasi gerhana matahari cincin.

Kegiatan dilakukan pada tanggal 26 Desember 2019 di Kampus A STKIP Nurul Huda dengan Dosen pembimbing Ibu Siti Anisatur Rafiqah M,Pd. Sebelum kegiatan dimulai mahasiswa diberikan arahan dan bimbingan oleh ibu Anis M.Pd sebagai kaprodi pendidikan Fisika dan dosen Astronomi.

Arahan dan Bimbingan Oleh Ibu Siti Anisatur Rofiqah M.Pd

Mahasiswa tidak hanya melakukan pengamatan matahari cincin, tetapi juga melakukan eksperimen sederhana menggunakan Telur. Ternyata Telur ayam bisa berdiri tegak pada saat gerhana matahari cincin.

Pengamatan Telur pada Saat Gerhana Matahari Cincin

Prodi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda berupaya dalam mengedukasi masyarakat dan pendidik disekitar wilayah OKU Timur agar memahami fenomena gerhana matahari sebagai peristiwa astronomi biasa melalui observasi langsung. Kegiatan edukasi juga dilakukan sebagai pengenalan dan penguatan kepada calon pendidik dan pendidik di OKU Timur bahwa Astronomi adalah bagian dari fisika yang harus diminati dan menjadi daya tarik sendiri dalam pembelajaran fisika

Aktivitas Mahasiswa pada saat Pengamatan Matahari cincin
Para Dosen STKIP Nurul Huda Ikut Berpartisipasi Mengamati Gerhana Matahari cincin langsung dengan menggunakan Kacamata Filter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *